Ciri-ciri Positif Hamil, Termasuk Telat Haid 3 Hari?

  • August 6, 2021

Dinyatakan positif hamil adalah suatu hal yang sangat didambakan oleh para pasangan suami istri. Untuk itu, banyak pasangan suami istri yang membuat rencana kehamilan agar prosesnya bisa berjalan dengan lancar.

Namun, tidak semua pasangan suami istri mendapatkan keinginan tersebut dengan mudah. Banyak yang harus mencoba berkali-kali hingga akhirnya berhasil.

Sebagai seorang wanita, Anda mungkin akan merasa memiliki tekanan yang lebih besar karena kehamilan akan dirasakan oleh wanita selama 9 bulan. Perubahan pada tubuh pun akan terlihat sangat jelas selama proses kehamilan berlangsung.

Telat haid 2 hari belum tentu termasuk tanda hamil

Salah satu ciri-ciri positif hamil yang paling umum adalah ketika seorang wanita mengalami telat haid. Tidak jarang telat haid 3 hari dianggap sebagai salah satu tanda kehamilan juga. Namun pertanyaannya, apakah ketika seorang wanita telat 3 hari sudah bisa dinyatakan sebagai gejala hamil?

Dr. Aisyah Nur Ramadhani menjelaskan bahwa siklus haid wanita memang tidak selalu datang tepat waktu setiap bulannya. Terkadang bisa maju atau mundur beberapa hari.

Pada umumnya siklus haid wanita berdurasi antara 21-35 hari setiap bulannya. Dengan durasi perdarahan selama 3-7 hari. Dan bisa lebih pendek dan juga panjang tergantung kondisi setiap individu.

Beberapa penyebab terlambatnya menstruasi:

Mengalami telat haid selama 3 hari belum bisa dipastikan dengan jelas sebagai gejala kehamilan, karena siklus haid pada wanita bisa terlambat tergantung dari beberapa alasan yang berbeda pada setiap orang. Beberapa hal yang dapat menyebabkan terlambatnya menstruasi pada wanita yaitu:

  • Terjadinya kehamilan
  • Gangguan hormonal tubuh
  • Gangguan tiroid
  • Berat badan berlebihan atau kurang
  • Stres atau aktifitas fisik yang berat
  • Penggunaan alat kontrasepsi tertentu, dan lain-lain

Kira-kira, kapan waktu terbaik untuk melakukan tes kehamilan?

Melansir Healthline, waktu terbaik untuk melakukan tes kehamilan adalah satu minggu setelah terlambat haid. Hal ini lebih baik untuk mendapatkan hasil yang paling akurat. 

Jika Anda tidak ingin menunggu sampai Anda terlambat haid, Anda harus menunggu setidaknya satu hingga dua minggu setelah berhubungan seks.

Jika Anda hamil, tubuh Anda membutuhkan waktu untuk mengembangkan kadar HCG (hormon yang berperan besar dalam menjaga kesehatan kandungan) yang dapat dideteksi. Ini biasanya memakan waktu tujuh hingga 12 hari setelah implantasi sel telur yang berhasil.

Anda mungkin menerima hasil yang tidak akurat jika tes dilakukan terlalu dini, maka dari itu Anda perlu menunggu setidaknya satu minggu untuk hasil yang lebih akurat.

Gejala kehamilan yang paling umum

Untuk mendapatkan hasil yang lebih pasti, kenali dulu beberapa gejala kehamilan yang paling umum terjadi, yaitu:

  1. Terlambat haid

Jika Anda berada di saat-saat subur dan selama periode waktu seminggu atau lebih mengalami keterlambatan siklus menstruasi, ada kemungkinan bahwa keterlambatan itu terjadi karena Anda hamil. Namun, gejala seperti ini tidak selalu bisa dinyatakan sebagai gejala pasti kehamilan, terutama jika Anda memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur.

  1. Perubahan mood

Membanjirnya hormon dalam tubuh di awal kehamilan dapat membuat Anda menjadi lebih emosional dan tidak jarang merasa suasana hati memburuk hingga ingin menangis. Perubahan suasana hati yang tidak menentu dari waktu ke waktu juga sering terjadi.

  1. Mudah lelah

Kelelahan juga menjadi salah satu gejala awal kehamilan yang paling sering dialami oleh para calon ibu. Selama awal kehamilan, kadar hormon progesteron melonjak – yang mungkin membuat Anda sering merasa mengantuk.

  1. Mual dan muntah

Istilah “morning sickness” sangat populer di dalam kehamilan. Kondisi ini dapat menyerang kapan saja, baik siang atau malam, seringkali dimulai satu bulan setelah Anda hamil. Namun, beberapa wanita merasakan mual lebih awal dan beberapa tidak pernah mengalaminya. Sementara penyebab mual selama kehamilan kemungkinan terjadi karena hormon kehamilan.

  1. Sering buang air kecil

Gejala kehamilan lainnya yaitu Anda mungkin mendapati diri buang air kecil lebih sering dari biasanya. Jumlah darah dalam tubuh meningkat selama kehamilan, menyebabkan ginjal memproses cairan ekstra yang berakhir di kandung kemih dan menyebabkan meningkatnya aktivitas buang air kecil.

  1. Perubahan pada payudara dan puting

Perubahan hormonal di awal kehamilan mungkin membuat payudara Anda sensitif dan nyeri. Ketidaknyamanan kemungkinan akan berkurang setelah beberapa minggu karena tubuh Anda akan mulai menyesuaikan diri dengan perubahan hormonal yang terjadi karena kehamilan tersebut.

Telat haid 3 hari belum bisa dipastikan sebagai tanda bahwa Anda positif hamil. Lakukanlah pemeriksaan dengan menggunakan alat tes kehamilan atau testpack saat pagi hari untuk memastikannya. Jika hasil testpack negatif, dan Anda tidak kunjung haid, sebaiknya periksakan kondisi Anda ke dokter kandungan untuk mencari tahu penyebab pasti dari terlambatnya menstruasi.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*