nasi coklat

Manfaat Kesehatan Nasi Coklat

  • June 24, 2021

Beras atau nasi telah menjadi makanan pokok manusia selama ribuan tahun. Bahkan, beberapa peralatan bercocok tanam beras berasal dari Cina 8000 tahun yang lalu. Saat ini, beras menjadi makanan pokok selama lebih dari 100 budaya, dan ada lebih dari 4000 varietas yang tumbuh dan dibudidayakan saat ini. Salah satu jenis yang paling disukai adalah beras atau nasi coklat. Beras cokelat berarti anda mengonsumsi nasi sebagai gandum utuh atau whole grain. Ini khususnya penting karena semakin sedikit proses yang didapatkan oleh produk gandum, semakin bernutrisi produk tersebut. 

Manfaat Nasi Coklat

Selain menyediakan sumber energi dan nutrisi dasar, beras atau nasi coklat, apabila dikonsumsi dengan rutin dan teratur, memiliki beberapa manfaat kesehatan bagi tubuh Anda. Adapun beberapa manfaat nasi coklat untuk kesehatan tersebut di antaranya adalah:

1. Kesehatan jantung

Beras cokelat adalah gandum utuh atau sering disebut sebagai whole grain. Whole grain memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Asosiasi Jantung Amerika menyatakan bahwa gandum utuh dapat meningkatkan level kolesterol darah dan mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, diabetes tipe 2, dan obesitas. Nasi coklat mengandung beberapa komponen yang sehat untuk jantung, seperti mineral, antioksidan, lignan, dan serat. Konsumsi nasi tinggi serat sebagai pengganti nasi putih dapat membantu Anda yang ingin menurunkan berat badan, sekaligus menurunkan kolesterol. 

2. Senyawa tanaman yang sehat

Nasi coklat mengandung beberapa senyawa tanaman yang dipercaya memiliki manfaat kesehatan. Nasi putih kurang kandungan antioksidan dan senyawa tanaman lainnya. Sementara itu, nasi coklat kaya kandungan antioksidan seperti lignan dan asam ferulic. Lignan adalah antioksidan yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung, gejala menopause, osteoporosis, dan kanker payudara. Sementara itu, asam ferulic merupakan antioksidan kuat yang ditemukan dalam dedak beras. Studi tinjauan menyatakan bahwa asam ferulic memiliki efek anti-peradangan dan antibakteri dan dapat membantu mencegah kanker dan diabetes. 

3. Vitamin dan mineral

Nilai nutrisi nasi coklat tergantung pada jenis dan metode memasak. Dedak nasi coklat mengandung konsentrasi vitamin dan mineral yang tinggi. Nasi putih tidak mengandung dedak sehingga kurang nutrisi penting tersebut. Mangan adalah salah satu nutrisi yang bisa Anda dapatkan dari nasi coklat. Banyak makanan, terutama gandum utuh, mengandung mineral ini. Mangan sangat penting untuk metabolisme, pertumbuhan, perkembangan, dan sistem antioksidan tubuh. Sementara itu, niacin, atau dikenal pula dengan sebutan vitamin B-3, kebanyakan tersedia dalam bentuk asam nicotinic. Thiamin, atau vitamin B-1, juga penting bagi metabolisme dan fungsi jantung, otot, dan sistem saraf. Nasi juga mengandung beberapa asam pantothenic, fosfor, riboflavin, dan vitamin B-6, tembaga, serta folat. 

Nasi coklat merupakan makanan pokok yang aman. Namun, sering makan nasi dalam jumlah yang tinggi memiliki risiko kesehatannya sendiri, seperti diabetes tipe 2, yang mana merupakan sebuah kondisi yang lazim dijumpai dan ditandai dengan level gula darah yang tinggi. Menurut sebuah tinjauan tahun 2009, nasi putih dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2. Ini disebabkan karena nasi putih memiliki kandungan nilai indeks glikemik yang tinggi, yang berarti makanan ini dapat menyebabkan peningkatan gula darah tinggi setelah dikonsumsi. Makanan dengan indeks glikemik yang tinggi dapat meningkatkan risiko diabetes. 

Perbedaan antara nasi putih dan nasi coklat ada pada jenis dan jumlah serat serta nilai indeks glikemik yang ada di dalamnya. Penting untuk diingat bahwa konsumsi karbohidrat dalam jumlah tinggi dari sumber apapun dapat meningkatkan level glukosa darah, sehingga Anda perlu menjaga ukuran porsi yang Anda konsumsi. 

Sumber:

https://www.medicalnewstoday.com/articles/318699#risks
https://www.webmd.com/diet/health-benefits-brown-rice#1

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*