Memelihara Mobil Anda

Kiat Agar Mobil Anda Tetap Lancar

Untuk menjaga agar mobil Anda tetap bekerja sebaik mungkin, penting untuk menjaga pemeliharaan dan inspeksi rutin. Dengan merawat kendaraan Anda dengan benar, Anda akan mengurangi biaya perbaikan di masa mendatang, mengoptimalkan kinerja mobil Anda, mempertahankan nilainya, dan memperpanjang umurnya. Berikut ini beberapa perawatan rutin yang perlu diingat untuk kendaraan Anda:

Mesin

Oli sangat penting untuk mesin Anda. Dan bagi kebanyakan orang, menggantinya setiap tiga bulan atau 3.000 mil adalah hal pertama yang harus Anda lakukan untuk menjaga mobil Anda dalam kondisi yang baik. Namun terkadang, minyak Anda membutuhkan perhatian ekstra. Jika Anda menarik trailer, mengemudi dalam kondisi berdebu, atau sering mengemudi dalam lalu lintas berhenti-dan-pergi, Anda harus mengganti oli Anda lebih sering. Perjalanan singkat tanpa membiarkan mesin Anda melakukan pemanasan dapat mencemari oli Anda dan membutuhkan lebih banyak penggantian oli dari rata-rata juga. Jadi, agar mobil Anda tetap berjalan lancar, pastikan Anda telah melakukan servis terkait mesin berikut secara rutin:

Ganti oli.

Ganti filter oli, filter udara, dan filter bahan bakar.
Periksa katup PCV untuk pengoperasian yang benar.
Periksa busi dan kabel busi.
Sangat Keras – 10,5 dan lebih tinggi gpg.

Transmisi

Transmisi Anda membuat mobil Anda bergerak dengan membawa daya dari mesin ke roda. Pemeriksaan cairan transmisi secara teratur akan membuat mobil Anda bergeser dengan lancar.

Baterai

Baterai menyimpan energi yang diperlukan untuk menghidupkan mesin mobil Anda. Dan begitu mesin berjalan, alternator mulai mengisi ulang baterai untuk start berikutnya. Pemeliharaan termasuk menjaga baterai bersih dan aman sehingga tidak bergetar, menjaga koneksi tetap bersih dan kencang di terminal, dan memeriksa ketinggian air (jika perlu).

Sistem Emisi

Sistem emisi Anda menjalankan hampir seluruh panjang kendaraan Anda. Dan dalam proses memindahkan knalpot dari engine dan kabin penumpang, alat ini menganalisis gas, memurnikannya menjadi uap air dan gas yang tidak berbahaya, dan mengarahkannya melalui peredam untuk mengurangi kebisingan. Sistem emisi Anda melakukan semua pekerjaan penting ini sambil menggantung dari bagian bawah kendaraan Anda – dan seperti yang dapat Anda bayangkan, dapat terjadi banyak penyalahgunaan di sana. Jadi untuk menjaga mobil Anda berjalan dengan lancar, tenang dan efisien, Anda harus memeriksa sistem emisi Anda setiap tahun.

Sistem Rem

Banyak mobil saat ini memiliki rem cakram di depan dan rem tromol di belakang. Dan semua rem bergantung pada gesekan, yang dipasok oleh rem pad atau sepatu rem untuk memperlambat dan menghentikan mobil Anda. Untuk menghentikan roda, rem cakram menggunakan caliper yang dilengkapi bantalan rem untuk mengambil cakram pemintalan, atau rotor. Rem drum memiliki silinder roda yang mendorong sepatu rem ke bagian dalam drum yang berputar.

Ketika rem membutuhkan perhatian mekanik, mereka memberikan sinyal peringatan tertentu. Misalnya, pedal rendah atau kenyal dapat berarti bahwa ada udara di sistem hidrolik. Lampu peringatan rem merah yang tetap menyala bisa berarti ada ketidakseimbangan dalam sistem hidrolik Anda. Dan sementara beberapa suara rem normal, kicauan, jeritan terus-menerus dan suara gerinda hampir selalu berarti bahwa sudah waktunya untuk bantalan rem atau sepatu baru. Tetapi setiap kali Anda melihat sesuatu yang tidak biasa pada rem Anda, sebaiknya dicek.

Manual pemilik mobil Anda akan memberikan jadwal perawatan yang dirancang untuk menjaga rem Anda dalam kondisi baik. Mengikuti ini adalah cara termudah untuk menghindari perbaikan biaya dan potensi kegagalan rem katastropik. Tapi paling tidak, Anda harus memeriksa rem setiap tahun.

Kontrol iklim

Anda mungkin tidak mengetahuinya, tetapi di banyak mobil saat ini sistem pemanas dan pendingin udara terintegrasi sehingga beberapa bagian dari sistem kontrol iklim Anda bekerja keras sepanjang tahun. Kenyamanan berkendara Anda meningkat pesat saat pemanas atau pendingin udara Anda berfungsi dengan baik.

Sistem pendingin udara Anda berfungsi seperti kulkas, memompa freon melalui evaporator di bawah dashboard. Freon menyerap panas dari kompartemen penumpang, mengedarkannya melalui kondensor dan melepaskannya melalui panggangan depan mobil Anda. Saat berjalan dengan benar, ini adalah proses konstan yang menghasilkan lingkungan mengemudi yang sejuk dan nyaman bagi Anda. Jika sistem pendingin udara Anda tidak membuat Anda tetap dingin, itu biasanya disebabkan oleh kebocoran pada sistem. Anda harus memiliki sistem kontrol iklim penuh Anda diperiksa secara teratur untuk memastikan itu berfungsi dengan baik.

Sistem Pendinginan

Sistem pendingin menjaga engine Anda pada suhu pengoperasian optimal dengan memompa cairan pendingin di antara engine dan radiator. Mekanik Anda dapat membantu Anda menjaga sistem pendingin Anda dalam kondisi baik dengan memeriksa level cairan pendingin di tangki reservoir, memeriksa selang-selang keausan dan menyediakan layanan flush-and-fill, yang mengalirkan cairan kotor dan menggantinya dengan cairan pendingin.

Sistem Suspensi

Guncangan, pegas, penyangga, kemudi, dan ban Anda adalah bagian dari sistem suspensi Anda. Mereka semua bekerja bersama untuk membuat Anda tetap nyaman dan terkendali di jalan.

Tetapi kadang-kadang, masalah di satu daerah dapat menjadi gejala dari masalah di daerah lain. Misalnya, jika Anda melihat bahwa ban Anda aus, tekanan ban Anda mungkin saja. Keausan yang lebih berat di tengah berarti tekanannya terlalu tinggi. Keausan berat pada bagian tepinya berarti tekanan terlalu rendah. Tetapi jika Anda melihat keausan berlebih pada satu sisi saja, itu biasanya merupakan pertanda bahwa Anda memiliki masalah penyelarasan yang harus ditangani oleh seorang mekanik. Untuk itu dan gejala lainnya – seperti getaran atau tarikan kemudi – Anda harus memeriksakan sistem kemudi dan suspensi Anda. Inspeksi itu harus mencakup: memeriksa cairan power steering, mendengarkan suara-suara yang tidak biasa saat kendaraan bergerak dan inspeksi visual dari semua komponen suspensi utama termasuk guncangan. struts dan mata air.

Mengikuti jadwal perawatan rutin adalah langkah penting untuk menjaga mobil Anda aman dan berjalan selama bertahun-tahun yang akan datang. Konsultasikan manual atau mekanik pemilik Anda untuk melihat kapan mobil Anda harus menjalani pemeriksaan pemeliharaan selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*