Perawatan Intensif Bagi Kelahiran Prematur Di RS Mitra Keluarga Bekasi Barat

  • June 29, 2021

Anda mungkin sudah sering mengenal istilah ICU atau intensive care unit. Ruangan ini biasanya digunakan untuk pasien yang perlu perawatan intensif dan hanya bisa digunakan untuk orang dewasa. Sementara itu, bayi baru lahir yang perlu perawatan intensif atau dalam kondisi kritis, akan dimasukkan ke dalam ruang NICU atau neonatal intensive care unit. RS Mitra Keluarga Bekasi Barat memiliki fasilitas ruangan NICU.

Ada beberapa kondisi yang membuat bayi perlu masuk ke ruangan ini, seperti kelahiran prematur hingga kondisi cacat lahir. Organ tubuh bayi-bayi yang masuk NICU, umumnya belum bisa menjalankan fungsinya secara mandiri setelah keluar dari rahim, sehingga membutuhkan berbagai alat bantu untuk bisa berfungsi.

Terdapat beberapa penyebab seorang ibu hamil mengalami kelahiran prematur. Meski demikian, Anda tak perlu khawatir. Dengan perawatan yang tepat, bayi prematur dapat tumbuh dengan sehat dan normal, layaknya bayi cukup bulan lainnya.

Dilansir dari Mayo Clinic, berikut adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan bayi lahir prematur yang wajib Anda ketahui.

  • Pernah mengalami persalinan prematur sebelumnya
  • Hamil kembar
  • Jarak dengan kehamilan sebelumnya kurang dari 6 bulan
  • Kehamilan melalui proses IVF
  • Memiliki masalah pada rahim, serviks, atau plasenta
  • Memiliki penyakit kronis, seperti diabetes dan hipertensi
  • Stres
  • Kecelakaan atau trauma
  • Riwayat keguguran
  • Infeksi cairan ketuban atau ISK
  • Kekurangan atau kelebihan berat badan sebelum hamil
  • Merokok atau menggunakan obat-obatan terlarang

Umumnya, bayi yang lahir kurang bulan akan dipantau secara intensif di NICU oleh dokter spesialis neonatologi. Setelah kondisinya stabil, bayi baru bisa dipindahkan ke kamar bayi biasa atau bahkan ikut pulang bersama kedua orang tua.

Mengingat sistem imunnya yang masih berkembang, ada beberapa cara utama merawat bayi prematur yang perlu diperhatikan kedua orang tua, yakni

  1. Memberikan ASI

Manfaat pemberian ASI eksklusif pada bayi prematur sangat penting. Kandungan gizi pada ASI bayi prematur biasanya lebih tinggi bandingkan dengan bayi cukup bulan. Hal ini berguna bagi tumbuh kembang bayi, khususnya pada masa awal. ASI bayi kurang bulan biasanya mengandung banyak sistein, taurin, lipase yang dapat meningkatkan penyerapan lemak. Selain berperan dalam pertambahan berat badan, pemberian ASI eksklusif juga membantu meningkatkan sistem imun.

  1. Penuhi waktu tidurnya

Memperhatikan waktu tidur bayi juga menjadi kunci untuk daya tahan tubuhnya. Sebaiknya, bayi prematur tidur lebih banyak dibandingkan dengan bayi cukup bulan, tapi dengan durasi yang lebih singkat. Pastikan bayi Anda tidur terlentang untuk meminimalisir risiko sindrom kematian bayi mendadak (sudden infant death syndrome).

  1. Lakukan metode kanguru

Metode kanguru adalah cara merawat bayi prematur yang paling direkomendasikan. Biasanya, sebelum bayi diizinkan keluar NICU, Anda sudah diminta untuk mempraktikkan cara ini. Metode kanguru adalah memungkinkan ibu atau bahkan ayah melakukan kontak skin to skin dengan bayi. Selain memperkuat ikatan emosional, penelitian juga menunjukkan cara ini mampu meningkatkan kondisi kesehatan si kecil.

Tanyakan segala hal yang Anda butuhkan, khususnya keadaan si kecil, saat hendak membawanya pulang pada perawat maupun dokter yang berjaga di NICU. Pastikan Anda tidak melewatkan jadwal kunjungan ke dokter demi memantau kesehatan si buah hati.

Lebih baik pula jika batasi jumlah kunjungan dan hindari membawa bayi prematur ke tempat umum, terlebih dalam masa pandemi seperti saat ini. Dengan begitu, bayi Anda bisa terhindar dari risiko sakit dan tumbuh dengan sehat.

RS Mitra Keluarga Bekasi Barat memiliki perawatan dan fasilitas yang lengkap untuk menangani bayi prematur. Tidak hanya mengenai bayi prematur, tetapi layanan mengenai ibu dan anak juga sangat baik. Hal ini bisa menjadikan RS Mitra Keluarga Bekasi Barat sebagai salah satu rumah sakit yang masuk pilihan untuk melahirkan.

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*